Halo semuanya, kembali lagi di porkaone. Pengoptimalan mesin pencari bagi
sebuah website atau yang dikenal dengan SEO adalah hal yang wajib dilakukan
untuk membuat website yang sukses. Semakin baik sebuah website di mata mesin
pencari, maka akan semakin mudah orang lain mengunjungi website
tersebut.
Berhasil muncul di halaman pencarian pertama adalah bukti bahwa penerapan SEO
yang kalian lakukan berhasil. Orang akan cenderung membuka website di halaman
pertama pencarian, website yang bertengger di halaman berikutnya sangat jarang
dilirik dan lebih banyak diabaikan. Website yang SEO sama dengan menaikkan
trafik dan membuka peluang yang lebih luas agar masyarakat mau membeli produk
yang ditawarkan.
Sayangnya membuat website menjadi SEO bukanlah hal mudah, perlu metode-metode
khusus dan ditambah konsistensi dalam menerapkannya. Membuat website menjadi
SEO bukanlah pilihan tapi hal yang wajib untuk diterapkan, bahkan jika kalian
memilki dana periklanan yang banyak sekalipun. Optimasi SEO adalah investasi
jangka panjang, sebuah cara untuk meyakinkan mesin pencari bahwa website yang
kalian buat layak untuk ditampilkan.
Itulah sedikit ulasan tentang manfaat dari penerapan SEO bagi sebuah website.
Karena sangat bermanfaat, maka pada artikel kali ini porkaone akan mengulas
cara optimasi SEO on page yang baik dan efektif untuk keberhasilan sebuah
website.
1. Kata Kunci / Keyword
Dalam komponen SEO, kata kunci atau keyword memiliki peranan penting dalam
mendongkrak performa website di mata mesin pencari. Kata kunci atau keyword
adalah susunan kata yang dicari oleh orang di mesin pencari, lalu dari keyword
tersebut mesin pencari akan menganalisa dan menampilkan konten yang cocok
dengan yang dimaksud.
Dengan merujuk pada kata kunci yang sesuai, maka mesin pencari akan lebih
mudah memberikan informasi yang paling relevan terhadap maksud pengguna.
Kalian bisa menentukan kata kunci di dalam judul post, meta deskripsi, dan isi
dari post itu sendiri.
Untuk menentukan kata kunci terbaik, adalah dengan mengetikkannya langsung di
mesin pencari lalu melihat total pencarian dan hasil pencarian terbaik yang
dihasilkan. Semakin banyak pencarian yang dihasilkan maka akan semakin tinggi
kemungkinan website kalian dilihat oleh orang lain, tapi juga semakin sulit
untuk bersaing dengan website-website lainnya.
Kalian juga bisa menggunakan tools lainnya seperti google trends, google
keyword planner, dan ubersuggest dimana kalian tinggal membidik keyword yang
ingin dicari, lalu tools tersebut akan menampilkan hasilnya secara mendetail
seperti total pencarian, tingkat persaingan, trafik pencarian dalam kurun
waktu tertentu, dan contoh-contoh website yang menggunakan kata kunci terkait.
|
Ubersuggest |
2. Membuat Konten yang Berkualitas
Konten adalah raja, semakin banyak konten yang dihasilkan maka akan semakin
besar peluang website kalian dilihat orang lain. Website dengan konten yang
berkualitas dan terus diperbanyak lambat laun akan menaikkan visitor website
itu sendiri, dengan catatan website dan post yang dibuat harus terindex di
mesin pencari.
Membuat konten yang berkualitas memang gampang-gampang sulit, tapi itu bisa
diatasi dengan memperbanyak tulisan. Konten yang berkualitas haruslah
informatif, jelas, mudah dipahami, tidak menipu orang dan tentunya buatan
kalian sendiri.
Selian itu, selipkan keyword yang kalian bidik dalam post yang ditulis, post
jangan terlalu pendek juga jangan terlalu panjang, tidak boleh terlalu banyak
gambar, dan pastikan gambar yang kalian gunakan bebas dari copyright.
3. Memasang Internal Link
Internal link adalah tautan yang menuju halaman lain tapi tetap dalam website
yang sama. Memasukkan internal link memungkinkan orang lain untuk membaca
lebih lama dan mendapatkan informasi lebih dengan mengarahkan mereka menuju
post terkait. Ini adalah bagian dari UX(user experience) atau pengalaman
pengguna, dimana pengguna akan merasa lebih nyaman berada di website yang
kalian buat.
Itu bagi pengguna, sedangkan bagi mesin pencari, hal ini memudahkan mesin
pencari untuk menjelajahi dan mengindeks isi website. Struktur yang baik akan
memudahkan indeks pencarian yang cepat. Untuk tips ke-3 ini tidak ada
cara-cara khusus, kalian hanya perlu meneylipkan link pada post terkait.
4. Membuat Deskripsi Penelusuran
Saat melakukan pencarian, mesin pencari akan menampilkan seluruh hasil yang
paling relevan dengan keyword yang dimasukkan. Tiap hasil pencarian
menampilkan domain, meta title, dan meta deskripsi. Untuk contohnya bisa
kalian lihat pada gambar di bawah ini.
|
Meta deskripsi pada pencarian google
|
Jadi deskripsi penelusuran adalah meta deskripsi, terletak di bawah meta title
dan berfungsi sebagai penjelas dan ringkasan dari isi sebuah postingan.
Jika kalian menggunakan yoast SEO pada wordpress, kalian bisa menentukan
sendiri meta deskripsi yang akan tampil di halaman pencarian, selain itu meta
deskripsi pada yoast SEO akan dibatasi sehingga kalian bisa memilih kata yang
paling tepat untuk ditampilkan.
Tapi jika kalian tidak menggunakan yoast SEO kalian bisa menggunakan script di
bawah ini dalam mode visual atau html.
- Meta title: <Title>Judul website kalian</Title>
-
Meta Description : <Meta Content='deskripsi website kalian'
Name=’Description’/>
-
Meta Keyword : <Meta Content='keyword website kalian'
Name=’Keywords’/>
5. Kecepatan Load Halaman
Hal yang paling penting dan harus terus dijaga adalah kecepatan load halaman.
Halaman website yang ditampilkan lebih cepat akan memberikan kenyamanan bagi
para pembaca. Selain itu juga, ratingnya akan lebih baik di mata mesin
pencari.
Ada beberapa faktor penting agar performa load halaman website menjadi lebih
stabil. Yaitu media dan fitur yang ditampilkan. Semakin besar ukuran gambar,
maka akan semakin lama pula load halaman yang dibutuhkan. Fitur juga demikian,
jika kalian terlalu banyak menampilkan widget, table, caraousel, atau hal-hal
yang tidak penting lainnya itu akan memperlambat load halaman.
-
Tipsnya adalah kompresi gambar sebelum diupload kalian bisa menggunakan
tools ini
https://kraken.io/web-interface, atau gunakan wp smush untuk mengkompresi semua file yang tidak optimal.
-
Hilangkan widget, atau fitur yang tidak dibutuhkan termasuk iklan yang
telalu banyak ditampilkan.
Itulah 5 cara melakukan optimasi mesin pencari atau SEO pada sebuah webiste.
Lalu apakah cara-cara di atas ampuh untuk menaikkan peringkat?, jawabannya
tergantung dari disiplin dan konsistensi kalian dalam menerapkan cara-cara di
atas.
Cara-cara di atas adalah hal-hal yang paling mendasar untuk diterapkan, bahkan
harus diterapkan di setiap postingan yang kalian buat. Jangan mudah putus asa,
kalian perlu melakukan uji coba sesering mungkin, jika kalian konsisten dengan
rata-rata 1 artikel berkualitas SEO setiap hari, mudah-mudahan hasilnya sesuai
dengan harapan. Semoga bermanfaat :)
0 Comments
Come on ask us and let's discuss together
Emoji